Close Klik 2x

7 Cara Menanamkan Cinta Kepada Anak

7 Cara Menanamkan Cinta Kepada Anak - Cinta merupakan rasa terindah dalam diri setiap manusia. Kata dan perbuatan cinta yang diungkapkan mampu memberikan energi yang luar biasa. Ada suatu kejadian bayi kembar yang satu sedang sakit, lalu salah satunya memberikan pelukan kepada yang sakit. Ternyata kondisi yang sakit menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Itulah efek dari cinta begitu dahsyatnya bgi kehidupan setiap manusia.

7 Cara Menanamkan Cinta Kepada Anak


Untuk itu kita harus bisa menanamkan anak-anak kita sejak kecil dengan ‘cinta’ sehingga dia akan mendapatkan kebahagiannya kelak. Pendidikan yang paling utama adalah dalam keluarga. Jika anak sudah terbiasa dididik keluarganya dengan ‘cinta’ dia juga akan mengaplikasikannya kepada orang lain. Sehingga kebencian, amarah, pertengkaran dapat dibendung dengan rasa cinta yang ada didalam hatinya.

7 Cara Menanamkan Cinta Kepada Anak


7 Cara Menanamkan Cinta Kepada Anak
7 Cara Menanamkan Cinta Kepada Anak

Cara membekali anak dengan ‘cinta’ adalah, sebagai berikut :

1. Awali dengan belajar kosa kata ‘Cinta’

Banyak orang bilang bahwa tangisan bayi jaman dahulu merupakan ungkapan kebahagiaannya, tetapi jaman sekarang tangisan bayi merupakan ungkapan kesedihan karena telah lahir di jaman yang sudah rapuh ini. Namun, sudahlah jangan terlalu dipikirkan itulah misteri ilahi dan hanya Tuhan yang tahu. Hal pertama yang harus diajarkan pada masa balita adalah kosa kata yang baik. Kata dan kalimat yang memuji Tuhannya dan Rasulnya, yang menunjukkan kecintaannya terhadap Tuhan, kalimat cinta untuk kedua orang tuanya, biasakan anak untuk berbicara sopan kepada semua orang yang lebi tua darinya.

Selain mengajarinya dengan kata dan kalimat cinta kita harus memberikan contoh juga untuk berkata baik. Karena contoh orang tua menjadi pendidikan paling penting dan utama bagi anak-anak. Jangan pernah mengucapkan kata atau kalimat jelek atau merendahkan orang lain dihadapan anak.

2. Tataplah dengan ‘cinta’

Jangan terbiasa memberikan tatapan mata yang tajam dan membuatnya takut. Walaupun mereka salah jelaskan dengan memandangnya dengan tatapan kasih sayang sambil jelaskan padanya bahwa di salah. Jika membuat anak takut dengan anda mereka malah menjauh. Biasakan tatap matanya dengan cinta lalu ungkapkan isi hati anda. Semua rasa cinta anda yang tersirat akan terungkap dari kontak mata.

3. Berikan anak sentuhan ‘Cinta’

Jalin hubungan orang tua dengan anak sebagai sahabat atau temannya. Sehingga dia tak akan ragu untuk menceritakan segala macam yang dialami sehari-hari. Usahakan jangan ada jarak antara ayah dan anak atau ibu dan anak. Jika biasanya anda berbicara dengan anak berbeda tempat duduk, sekarang ubahlah kebiasaan tersebut suruh anak duduk disamping anda atau pangku dia, lalu berbincang-bincang dengan merangkulnya sehingga akan menambah keakraban diantara kalian.

Dengan sentuhan yang anda berikan kepada anak akan membuat mereka merasakan cinta, kasih sayang dan kehangatan hubungan antara orang tua dengan anak. Sehingga mudah bagi anda dan anak bertukar pendapat, mendengarkan keluh kesahnya, dia tidak akan takut untuk dinasehati, dia akan merasa yakin bahwa anda akan selalu melindunginya saat menghadapi berbagai masalah.

4. Berikan Suapan dengan ‘cinta’

Saat anak masih bayi pasti ketika makan anda akan menyuapinya. Bisa saja anak akan menolak untuk makan. Jika begitu, maka lakukanlah tatap matanya dengan cinta, lalu katakan kata-kata sayang setelah itu, pasti dia akan mau menerima suapan anda. Misal, “sayang maem dikit yuk, agar perutnya tidak sakit, ayo dong maem dulu nanti main lagi ya sayang”. Berbicaralah dengan nada yang halus dan lembut, jangan keras terhadapnya.

5. Selimutilah dan berikan ciuman ‘Cinta’

Setiap malam, sebaiknya orang tua masih menunjukkan rasa cintanya kepada anak. Biasakan ketika dia tidur berikan selimut, lalu ciumlah keningnya sehingga walau tertidur dia akan tetap merasakan kasih sayang anda. Dan ketika dia bangun akan masih teringan moment yang anda berikan pada malam hari. Hal itu akan menanamkan dalam hati dan pikirannya bahwa orang tuanya sangat mencintainya.

Ciuman kepada anak penting juga dan menjadi suatu rutinitas. Bahkan Rasulullah SAW memberikan contoh kepada kita untuk membiasakan dirinya mencium Hasan dan Husein cucunya. Jika anda tidak pernah mencium anak, berarti anda sendirilah yang menjauhkan diri dari anak anda.

6. Berikan dia senyuman ‘cinta’

Jangan hanya tertawa terbahak-bahak saja yang harus anda berikan kepadanya. Tetapi, berikan dia senyuman ketika dia akan berangkat atau pulang kerumah. Sehingga dia akan merasa senang dan menyejukkan hatinya ketika dimanapun dan kapanpun berada.

7. Berikan dekapan atau pelukan dengan ‘cinta’

Dekapan atau pelukan kepada anak merupakan hal terpenting yang dibutuhkan anak-anak selain makan, minum, sekolah, uang, dan kebutuhan lainnya. Dengan dekapan, anak akan merasakan bahwa dia adalah hal terindah yang hadir dalam hidup orang tuanya. Pelukan dapat meluluhkan amarah atau emosi yang ada dalam hati anak. Sehingga ketika dia marah atau ngambek, berikan dia dekapan kasih sayang anda.

Inilah cara-cara atau sarana untuk menanamkan dalam hati anak anda dengan ‘cinta’. Jika anda menerapkan cinta dalam kehidupan anda pasti akan mendapatkan balasan yang sama. Jangan batasi hubungan antara anda dan anak dengan jarak. Kita harus bisa menjadi orang tua yang baik dan wajib dekat dengan anak-anak baik secara fisik maupun hati.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?